Senin, 28 Desember 2009

Cara Install Wine di Ubuntu 9.10

Sebelum kita masuk ke bagaimana cara penginstallannya marilah kita liat dulu "apa itu Wine?"

Wine adalah sebuah perangkat lunak atau yang biasa kita kenal sebagai software. Wine dibuat untuk membantu pengguna (dalam hal ini user) yang menggunakan sistem operasi yang berbasis UNIX seperti Ubuntu, Fedora, FreeBSD, dll. Apa yang dibantu? Software ini akan membantu user (pengguna UNIX) agar dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang dapat berjalan di sistem operasi Windows. Tentu software ini akan sangat berguna jika aplikasi-aplikasi Windows ingin kita jalankan pada sistem operasi berbasis UNIX. Di sistem operasi UNIX kita tidak bisa menjalankan file .EXE tapi dengan adanya software ini, kita bisa menjalankannya. Apalagi bagi pengguna baru yang belum lama berkecimpung didunia UNIX seperti saya ini. Pasti sedikit bingung dan belum terbiasa.

Sekarang mari kita bahas tentang bagaimana penginstallan Wine.
Disini saya menggunakan Ubuntu 9.10. Nah bagaimana penginstallannya?
Berhubung saya installasi secara online, maka saya bahas dulu yang secara online nya ya. hehe
1. Pastikan komputer anda terkoneksi internet.
2. Setelah terkoneksi buka System--->Administration--->Synaptic Package Manager
3. Isikan form di "Quick Search" dengan mengetikkan "wine"
4. Setelah muncul beberapa list dari kata wine, klik kanan pada "wine1.2" lalu pilih "Mark For Installation"
5. Setelah tahap 4 dilakukan, maka klik tombol "Apply".
6. Tunggu beberapa saat instalasi.
7. Instalasi selesai, dan Wine siap digunakan.

Ini gambarnya jika proses instalasi selesai.


Bagaimana menggunakan Wine?
1. Install terlebih dulu aplikasi windows yang tidak bisa berjalan di sistem operasi UNIX
2. Klik kanan pada file .exe nya atau biasa disebut masternya lalu pilih "Open with Wine Windows Program Loader.
3. Setelah diinstall buka Applications--->Wine--->Browse C:\ Drive
4. Setelah proses 3 dilakukan, kita akan dihadapkan dengan windows explorer buatan dilinux. Dimana disitu terdapat 3 Folder yaitu "Program Files", "Users", dan "Windows".
5. Masuk ke "Program Files" dan pilih folder aplikasi yang kita install tadi. Setelah ketemu, jalankan cara yang ke-2 diatas.
6. Proses selesai dan program windows dapat berjalan di UNIX. :)

Untuk aplikasi-aplikasi portable juga bisa kok, tinggal jalankan step ke-2 diatas.

5 komentar:

anakmuara mengatakan...

makasih ya bang, dengan ada nya tutorial ini, saya dah sedikit mengetahui tentang wine dilinuk

IIO mengatakan...

iya mas/mbak.. sama-sama..
saya juga baru belajar kok.. hehehe

semoga membantu.. ^_^

dust in the air mengatakan...

mas, kalo offline gimana donk..
masalahnya di tempat saya gak ada internet..
sungguh susah mencari tutorial buat instal lewat offline..

Bagi-bagi ilmu mahasiswa tingkat blank mengatakan...

saya punya maslah dengan ubuntu 9.10 yang saya punya, ga bisa install wine, kayak ada yang broken 3 infonya,,, tolong donk masukkannya....

Bagi-bagi ilmu mahasiswa tingkat blank mengatakan...

saya punya masalah dengan ubuntu 9.10 saya, ga bisa install wine, petunjuknya ada yang broken 3 gitu, tolong dong masukkannya...