Jumat, 25 Desember 2009

Cara Koneksi Modem CE100 Di Ubuntu 9.10

Para suhu-suhu linux distro ubuntu. Saya bukan bermaksud untuk menggurui. Jujur, saya baru belajar menggunakan linux. hehehe. Jadi kalau salah mohon maaf ya.

Berawal dari keinginan saya untuk menggunakan linux karena ketika memakai Windows 7 sudah 4x install ulang yang disebabkan ada sesuatu yang error padahal Windows 7 nya original. huhuhu. Tapi tidak apa-apa. Lalu saya melihat teman saya ari menggunakan linux ubuntu. Saya akhirnya tertarik untuk mencobanya meskipun sama sekali gak ngerti. Yah namanya juga belajar ya, asalkan ada niat dan keinginan pasti ada jalan. Begitu kira-kira kata pepatah *padahal sama sekali gak ngerti apa arti kata pepatah* hahaha ada yang ngerti?

Ok, langsung aja ya. Pertama saya menggunakan Ubuntu 9.10, saya mencoba mencolokkan modem haier CE100 saya ke laptop, karena gak bisa autorun langsung saya klik 2x Autorun.exe nya. Hahaha ya jelas gak bisalah ya!!! masalahnya ini dilinux bukan diwindows. Kalau dilinux itu menggunakan file extension .deb dll. kalo diwindows itu ada .exe

Dengan penasaran bagaimana cara koneksi modem saya ini di ubuntu. Maka saya googling saja mencari tau bagaimana mengkoneksikan modem saya ini di ubuntu. Ketemu deh beberapa artikel.

Daripada panjang lebar cerita mending langsung prakteknya saja ya.. hayuklah..!!!
1. Colok modem anda ke port usb.
2. Tunggu sampai modem anda kedetek didesktop ubuntu.
3. Setelah kedetek coba klik kanan pilih eject. Atau kalo diterminal bisa juga ketikkan "eject /dev/sr1"
4. Buka terminal di pojok kiri atas Applications---->Accessories---->Terminal. Atau bisa juga dengan pencet Alt-F2 lalu ketik GNOME-TERMINAL kemudian enter.
5. Ketikkan diterminal "sudo gedit /etc/wvdial.conf"
6. Isikan file wvdial.conf sebagai berikut:
[Dialer smart]

Auto DNS = on

Init1 = ATZ

Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0

Stupid Mode = yes

Modem Type = Analog Modem

ISDN = 0

New PPPD = yes

Phone = #777

Modem = /dev/ttyUSB0

Username = "smart"

Password = "smart"

Baud = 460800

Dial Command = ATDT

FlowControl = CRTSCTS

Ask Password = 0

Stupid Mode = 1

Compuserve = 0

Idle Seconds = 300
6. Save file tersebut.
7. Close file tersebut.
8. Pada terminal ketikkan "sudo modprobe usbserial vendor=0x201e product=0x2009"
9. Ketik di terminal "dmseg" pastikan ada tulisan "generic converter now attached to ttyUSB0"
10. Kemudian coba ketikkan "sudo wvdial smart"
Jika munculnya seperti ini


ANDA SUKSES...!!! Silahkan berinternet ria...!!!
Memang terkadang sering munculnya tidak sesuai dengan gambar diatas. Cobalah untuk ulangi lagi cara diatas dengan hiraukan step nomor 5&6. Atau kadang perlu restart computer dan ikuti cara diatas lagi.

Nah, saya sedikit curhat saja ya. Terkadang setelah saya berhasil koneksi internet, tak lama setelah 50 menit koneksi disconnect dengan sendirinya. Saya cari-cari terus penyebabnya dengan googling. Ketemu deh artikel yang menyebutkan bahwa kita sedikit mengedit file "/etc/ppp/options".

Caranya
1. Buka terminal
2. Ketikkan "sudo gedit /etc/ppp/options"
3. Pencet "Crtl+F"
4. Pada search for isikan "persist"
5. Tekan find terus sampai anda menemukan satu baris yang isinya hanya "#persist"
6. hilangkan tandan "#" nya.
7. Tambahkan kata-kata sebelum baris "# ------" dengan baris baru isinya "idle 1000000".
8. Setelah itu save filenya dengan pencet "Crtl+S".

Dah selesei prosesnya. Kalau bisa di restart dulu laptopnya untuk hasil yang lebih maksimal. :)

Tidak ada komentar: